Selasa, 29 Januari 2008

Safe Community

Keadaan aman dan sehat merupakan siklus kehidupan sejak dalam kandungan sampai dengan usia lanjut. Safe Community adalah nilai hakiki kemanusiaan dengan peran masyarakat sebagai unsur utama didukung pemerintah dan seluruh unsur terkait. Dengan Safe Community akan tercipta suatu keadaan sehat dan aman yang melibatkan peran serta aktif seluruh masyarakat sebagai bagian dari hak asasi manusia, yang harus diimplementasikan bersama oleh pemerintah dan masyarakat yang menjamin kesamarataan (equity), kesinambungan (sustainability), efisiensi dan mutu.

Untuk mewujudkan keadaan tersebut, Dinas Kesehatan Tulungagung mengadakan kegiatan safe community sejak tahun 2007 yang meliputi :
1.
Pelatihan Safe Community untuk 28 Puskesmas yang dilaksanakan dalam 7 angkatan dengan peserta sebanyak 271 orang (perawat dan bidan).

2. Pelatihan COPE (Client Oriented and Provider Efficient) untuk 10 Puskesmas rawat inap dalam 2 angkatan dengan jumlah peserta 70 orang (kepala Puskesmas, dokter, perawat, bidan, petugas loket dan pengelola obat).

3. Pengobatan massal yang dilaksanakan di 28 Puskesmas sebanyak 710 kali dengan jumlah kunjungan sebanyak 39.815 jiwa.


Tidak ada komentar: